Hitam Putih Abu-Abu

Sumpah ini gue lagi kesel banget sama tu anak, udah gue tunggu di depan lobby FPIPS ko ga muncul-muncul tuh anak. Pacaran...pacaran...dan pacaran pasti itu kerjaannya. Kenapa sih elu kerjaannya bikin gue ngiri ? Harusnya elu pentingin gue dong sebagai sahabat elu dari TK, SD, SMP, SMA, dan sekarang sekampus. Sumpah gua kesel sama elu Nad !
            “Maaf Cha, aku baru dateng. Tadi aku telat, bis Damri mogok, jadi aku naik angkot deh. Maaf banget ya” Nadiar datang dengan nafas ngos-ngosan.
            “Apa sih lu, gue juga tau elu pacaran mulu kerjaannya. Heh gue tuh sahabat elu, kenapa sih elu pentingin si Rengga !” Chacha ngamuk dan pergi ninggalin Nadiar.
            Gatau kenapa yah, gue udah seminggu ini sensi mulu tiap liat si Nadiar bareng sama si Rengga. Padahal sumpah gue gak suka sama itu anak, sahabat gue si Revi sih bilang katanya gue suka sama si Rengga. Tapi apa bangetlah gak mungkin gue suka sama itu anak, udah gendut, pake kacamata, kutu buku lagi. Gue sih sukanya cowo yang kalem, pencinta alam gitu deh. Ah udahlah, ngapain bahas soal cinta, gue lagi bad mood nih bahas yang gituan.
            Hemm gue gak sempet pikir sih kalo si Nadiar bakalan punya pacar, masalahnya kita kan anak kerohanian, aduh malu bawa label pacaran kalo anak kerohanian, walau sebenarnya gue juga kepengen banget pacaran sih. Aduh gue galau sumpah galau banget buat bikin putus si Nadiar, pokoknya gue gak suka liat dia punya pacar dan gue jadi pelampiasannya, ditinggalin dia gitu aja!
            (di lantai lima, kampus FPIPS-UPI)
            “Va, aku mau curhat dong.” Nadiar sedikit memelas.
            “Curhat apa say ? saya siap mendengarkan kok.” Riva dengan senang hati mendengarkan curhatan Nadiar.
            “Gimana ya ? semenjak aku jadian sama Rengga, kok Chacha beda banget sama aku.” Nadiar menampakkan wajah murungnya.
            “Ah mungkin perasaan kamu saja itu. Tapi bisa jadi si Chacha suka sama pacar kamu, Nad.” Riva sedikit sentimen.
            “Ah masa iya sih ? kalo suka mungkin dia udah ngomong sama aku.” Nadiar sedikit cemas.
            “Ih kamu polos banget, kelihatan orang yang suka sama pasangan sahabatnya pasti bakalan gitu. Awas tuh musuh dalam selimut.” Riva menghasut.
            “Hemm iya juga sih.” Nadiar ragu dan menghentikan pembicaraan itu.
            Nadiar, seorang wanita yang anggun dan selalu ceria, yang membuat teman-teman sekelasnya kagum dengan sosok dan kepribadiannya yang sopan, taat, rajin, serta selalu berpenampilan simple, ya itulah yang membuat Rengga jatuh hati padanya. Sebenarnya dari semester satu Rengga udah naksir, tapi ya lagi..lagi... Chacha yang menjadi penghalang Rengga untuk mendekati Nadiar. Misteri.. sungguh sangat misteri, entah apa yang Chacha cari dari sosok Nadiar.
***
            Hari ini hari selasa, tepat mata kuliah Teori Perubahan Sosial Budaya, mata kuliah favorit gue banget itu. Tau gak ? itu tuh dalemnya teori semua, menurut gue asik bangetlah dan gue beruntung masuk Pendidikan Sosiologi, soalnya dari SMA gue udah seneng banget sama tu pelajaran. Jangan salah loh Sosiologi itu disebut fisika sosial, ya orang ngamati realitas sosial dan kehidupan sosial mulu, gue pikir Sosiologi itu cuma belajar interaksi sosial, perubahan sosial, dan pokoknya ilmu berkawan deh. Eh ternyata ujung-ujungnya susah juga loh, ada Sosiologi Lingkungan, Sosiologi Klasik, Sosiologi Modern, Sosiologi Politik, Sosiologi Pendidikan, ah tau lah gue masih semester tiga jadi belum tau semua. Tapi sayangnya ada pahitnya juga sih disini, Rengga.... ya si Rengga penghancur persahabatan gue sama Nadiar.
            Gue yang lagi belajar pun gak konsen karena kepikiran gimana caranya ngancurin hubungan itu anak, mungkin disisi lain gue lebay sih mikirin yang ginian ampe sakit kaya gini segala, tapi jangan panggil gue Chacha kalo gue gak lebay dan gak perhatian sama sahabat gue.
            Mata kuliah Perubahan Sosial Budaya telah selesai, Chacha keluar kelas tanpa menyapa Nadiar sedikitpun. Tampak seorang cewek berbaju putih mengenakan jeans biru dongker menghampiri Chacha.
            “Cha makan yu, ada yang mau saya omongin sama kamu.” Riva membujuk gue.
            “Kopma? Elu mau ngomong apa sih?” Gue penasaran.
            “Yu Kopma. Entar aja, ada Nadiar disini.” Segera Riva menarik tangan Chacha.
            “Cha, elu tau kan anak rohis tuh gak boleh pacaran. Kenapa elu biarin si Nad punya pacar ? Itu sahabat kamu loh, kamu mau malu-maluin rohis kita ?” Riva menatap tajam Chacha.
            Chacha berbisik. “Iya sih, gue juga sebenarnya gak suka liat si Nad punya pacar. Gue sih punya rencana buat hancurin hubungan mereka berdua.”
            “Nah saya setuju banget Cha, saya dukung kamu supaya Nadiar putus sama Rengga. Saya sih bilang kaya gini karena peduli aja sama kamu, kamu kan ketua Dirjen Kajian Kerohanian masa biarin anggota kamu kaya gitu sih, malu dong.” Riva mulai menghasut lagi.
            “Sebenarnya Va, perlu gue lurusin masalah pacaran atau enggak itu bukan karena terikat atas nama rohis atau bukan, tapi itu emang datangnya dari firman Allah, bahwasannya jangan sesekali kita mendekati zina, mendekatinya saja gak boleh apalagi melakukannya.” Chacha sedikit tegas.
            “Iya maksud saya gitu, hehehehe”. So alim banget deh kamu (dalam hati Riva)
            Riva segera bergegas. “Cha maaf ya saya bayar duluan, ada kuliah nih. Makasih udah temenin makan, bye.”
            Aneh sekali perilaku Riva, itu anak sepertinya ada yang gak beres. Tumben bahas masalah gue sama Nadiar, dan gue juga sempet tersinggung sih sama omongan dia. Ada benernya ada salahnya, tuh kan gue jadi bingung. Gue sempet mikir ulang kayanya gue terlalu kejam kalo sampe bikin Nadiar sakit hati, tapi disini gue diamanahi jadi ketua Dirjen Kajian Kerohanian, gue gak mau anggota gue terkena virus VMJ (Virus Merah Jambu = pacaran). Tau ah gue bingung benget.
            Riva berteriak memanggil Nadiar di depan degung Amphiteater, gedung yang bersampingan dengan gedung PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa), yang kebetulan melihat Nadiar jalan bersama Rengga keluar dari gedung PKM itu.
            “Hey ada apa Va?” Nadiar tersenyum.
            “Eh kamu habis ngapain sama Rengga dari PKM?” Riva basa-basi.
            “Ini kita habis ke sekre Perisai Diri, katanya Nad pingin ikutan UKM itu.” Sahut Rengga dengan senyuman manisnya.
            “Oh gitu, Nad saya mau bicara sama kamu. Kebetulan juga ada Rengga, kalian berdua sini deh ada info buat kalian.” Riva mengajak Rengga dan Nadiar duduk di tangga depan kantin Pasca Sarjana, yang kebetulan jaraknya dekat dari gedung Amphiteater.
            “Ada apa ya ? Kayanya genting banget Va.” Nadiar Cemas.
            “Kalian tau ga si Chacha bilang mau buat kalian putus loh, dia benci banget liat kamu pacaran sama Rengga, soalnya dia kan naksir Rengga dari awal.” Riva meyakinkan Nadiar dan Rengga.
            “Tunggu dulu Va, apakah yakin itu ? Jangan sembarangan bicara kamu takutnya jadi fitnah, siapa tau aja itu gosip.” Rengga menyanggah dengan tenang.
            “Beneran ih, tadi saya kan makan bareng sama Chacha di Kopma, dia bilang gitu kok. Makanya saya beritahu kalian supaya kalian waspada, depannya aja dia so alim mentang-mentang punya jabatan ketua Dirjen Kajian Kerohanian, belakangnya hatinya busuk tau!!!!” Riva memvisualisasikan sifat Chacha dengan sedikit gerakan tubuhnya agar meyakinkan Rengga dan Nadiar.
            “Eh istigfar, jangan seperti itu, bisa jadi ghibah loh. Mending kita sholat Ashar yuk, udah adzan nih.” Nadiar mencoba mengalihkan pembicraan.
            “Saya lagi gak sholat nih, kalian berdua saja. Tapi ingat saja ya, saya gak bohong loh.” Riva meninggalkan Rengga dan Nadiar.
***
            Hari kamis, ya tepatnya hari kamis 05 September 2013 ini ulang tahun Nadiar yang ke 19 tahun. Chacha memberikan sebuah kejutan di taman Partere, Chacha menutup mata Nadiar dan Rengga membawakan kue dengan biasan lilin angka 19. Rengga dan Chacha sengaja memberikan sebuah kejutan yang sederhana, Chacha juga meminta maaf telah menjauhi Nadiar karena niat buruknya untuk menghancurkan hubungan Rengga dan Nadiar. Nadiar dengan senang hati memaafkan Chacha yang tulus meminta maaf. Suasana sudah kembali seperti biasanya, Rengga, Chacha dan Nadiar layaknya kupu-kupu yang menghiasi taman Partere, mereka kemudian melanjutkan jalan-jalan ke halaman gedung Isola untuk berfoto dan canda tawa.
            Namun, kebahagiaan ini sungguh tak membuat Riva sedikitpun bergumam, dia menginginkan persahabatan Nadiar dan Chacha roboh. Awalnya Riva seideologi dengan Nadiar dan Chacha, namun kejadian saat Chacha dipilih sebagai ketua Dirjen Kajian, Riva sangat sakit hati, karena dia sungguh sangat menginginkan jabatan itu dengan berdalih dia ingin menjadi pribadi yang lebih baik jika diamanahi sebagai seorang ketua.
            Dari sanalah persahabatan mulai sedikit retak, Chacha dan Nadiar jalan masing-masing namun sesekali ada waktu kumpul, tapi Riva sama sekali tak tertarik bahkan sungguh sangat dendam kedapati Chacha sedang memimpin rapat.
            “Gimana caranya juga saya harus membuat mereka hancur! Saya janji!” Tekad Riva sambil memberanikan diri mendatangi taman Bareti, depan gedung Isola.
            “Heyyyyyyyy Va yu gabung, nih aku udah sisain kue buat kamu. Ini loh Rengga dan Chacha sengaja bikin kejutan buat aku.”
            “Oh makasih aku lagi shaum. Buat kalian aja, emang Chacha gak shaum ? hari ini kan kamis, gimana sih ini ketua.” Riva menyindir.
            Hal yang ditangkap oleh Chacha ini maksudnya candaan sehingga Chacha menjawab dengan selengahan tapi dengan ekspresi serius. “Ah enggak, hari ini kan special buat Nad, hehehehe.”
            Riva begitu kesal mendengar jawaban Chacha, Riva menaggapi jawaban itu dengan serius bukan candaan. Segera Riva pergi meninggalkan mereka bertiga dengan alasan hanya mampir lewat saja.
            Sore hari setelah acara kejutan selesai segera Nadiar pulang, tapi ditengah jalan  Tring Trang Trong...lalalala...yeyeyeyeye... semangat kakak... dering SMS Nadiar yang gak jelas berbunyi, ya maklum itu dering SMS suara adiknya. Katanya sih obat rindu karena keluarga Nadiar tinggal di pulau Sumatera, sehingga hanya libur semesteran saja dia pulang.
            Nad, maaf ganggu. Kita ketemuan di selasar mesjid Al-Furqan sekarang juga.
            Nadiar membalas. Oke, aku kesana sekarang.
            Tak sengaja Chacha melihat Nadiar yang sedang berjalan melewati gedung PKM menuju mesjid Al-Furqan, entah kenapa Chacha berfirasat aneh dan segera mengikuti langkah Nadiar secara diam-diam.
            “Nad, maaf saya ganggu kamu. Saya harus bilang kalau sekarang Rengga menuju rumah Chacha. Itu alasannya Rengga membiarkanmu pulang Nad.”
            “Masa sih ? Rengga kan latihan badminton bersama Anton di Gor Bumi Siliwangi, katanya untuk menghadapi pertandingan antar fakultas minggu depan.” Nadiar bingung.
            “Serius saya gak bohong. Ini mesjid loh, masa sih saya bohong.” Riva terus meyakinkan Nadiar.
            Obrolan sore itu terdengar langsung oleh Chacha, dan membuat dia begitu sakit hati. Tanpa merasa bersalah dia di fitnah, saking sakit hatinya Chacha meninggalkan mereka dengan air mata yang berlinang, sambil ia usap sepanjang jalan.
***
            Pokoknya gue gakan maafin si Riva, dulu gue emang anggap dia sahabat, tapi sekarang jangan harap ! Gue juga gakan temenan lagi sama Nadiar, dengan mudahnya dia percaya aja dengan mulut manisnya si Riva. Gue...Gue kecewa dengan persahabatan ini, Rengga gue benci sama elu. Arrrrrghhhh....!!!!
            Tiba di lantai 6 Rengga, Nadiar, dan Riva berkumpul membicarakan kasus mengenai sepupunya Riva yang sedang mengalami musibah. Chacha datang dengan wajah memerah.
            “Va maksud elu apa ? Elu tuduh gue selingkuh sama Rengga kemarin sore di Furqan !!!”
            “Apa sih kamu baru saja dateng tiba-tiba ngambek.” Riva pura-pura gak tau.
            “Udah deh gak usah alibi, elu kan kemarin di selasar yang fitnah gue jalan ma Rengga, padahal tau kan Rengga lagi latihan badminton.” Chacha begitu emosi.
            Segera Rengga mengambil air dan memberikannya pada Chacha. “Cha, minum dulu nih, coba omongin baik-baik jangan emosi gitu. Duduklah dan tabayun-kanlah masalah ini.”
            Chacha menumpahkan air pemberian Rengga.”Gue gak haus!!!”
            Nadiar sedikit tersinggung.”Coba dong kalian ini bertindak dewasa, omongin baik-baik lah, jangan mengedepankan emosi !!!”
            “Alah, elu gak usah so alim deh. Elu mau-maunya ketipu sama si Dajjal ini.”
            Perkataan Chacha seketika dipotong Rengga. “Astagfirullohaladzim! Istigfar Cha, kamu keterlaluan. Hentikan omongan kamu itu !” Rengga tegas.
            “Ga, Nad sama elu Va gue kecewa sama kalian bertiga. Gue pikir kalian sahabat gue yang terbaik. Gue gak habis pikir pertama elu Nad, gue gak nyangka elu bakal pacaran sama Rengga, kan gue udah bilang kalo elu suka mending langsung nikah jangan pacaran dan elu Va yang bikin gue kecewa banget, tega-teganya ya elu fitnah gue suka sama Rengga selingkuh sama Rengga. Awalnya gue emang mau hancurin hubungan Nad sama elu Ga, tapi gue sadar cara gue salah. Arggh.... setelah itu, elu Va dengan telinga gue sendiri elu fitnah gue, gue jadi benci sama elu bertiga.” Chacha menangis.
            “Eh Cha, denger ya saya ngelakuin kaya gini karena saya gak terima kamu kepilih jadi ketua Dirjen Kajian Kerohanian. Saya yang sangat menginginkan jabatan itu! Kamu yang jahat dan penjilat, kamu pantas mendapatkan cacian dan fitnah !!!” Riva membentak Chacha.
            Rengga segera melerai percekcokan ini. “Sudah..Sudah.. dengar semuanya biar aku luruskan. Gini ya Cha dan Va, aku sama Nad memang pada awalnya sempat dekat, tapi karena aku takut zina, aku dan Nad sudah menikah dua bulan yang lalu, makanya aku barengan terus sama Nad bukan semata-mata kami pacaran, tapi karena kami sudah halal.”
            “Iya Cha, iya Va. Kami telah menjadi pasangan suami istri, jadi sah-sah saja kan jika kami berduaan kemana-mana? Karena aku sudah jadi milik Rengga selamanya. Sebelumnya maaf aku gak memberitahu kalian berdua, karena aku melihat kondisi persahabatan kita sedikit pelik, aku menyadari saat aku curhat soal Rengga pada Riva.” Dengan sikap yang dewasa Nadiar meluruskan kembali perkaranya.
            “Jaa....Jadiiii.... Kalian ? Kalian sudah menikah ?” Chacha heran dan segera memeluk Nadiar seketika.
            “Nad.. Maafin gue, kenapa elu gak bilang kalau udah nikah sama Rengga, gue kan sahabat elu, kenapa elu gak kasih tau resepsinya? Nad selama ini gue selalu nuduh elu yang bukan-bukan, gue salah banget.” Chacha memeluk erat Nadiar dengan tangisan yang merintih penuh dengan penyesalan.
            Nadiar memeluk erat Chacha dan mengusap air matanya. “Sudahlah sahabatku, aku sudah memaafkanmu, karena mungkin ini juga salah aku yang tidak mengabarimu soal hubungan aku dan Rengga. Aku harap persahabatan kita bisa seperti dulu kala, ukhuwah yang berdasarkan tali ikatan Illahi.”
            “Cha maafin aku juga, aku yang berencana menyembunyikan hubungan aku dan Nad karena aku sudah berfirasat ada sesuatu yang mengganjal.” Rengga menunduk.
            “Kalian sudahlah, gue yang salah, sekarang gue bahagia punya kalian. Gue gak menyangka hehehehehe, gue bahagia banget, sumpah!” Chacha tersenyum lebar.
            “Tapi saya gak bahagia. Lihat saja, saya tidak akan pernah membiarkan kebahagiaan kalian lama, karena kalian terutama kamu Cha yang telah merenggut semua investasi kebahagiaan saya.” Dengan wajah suram Riva berlari dan meninggalkan Rengga, Chacha, dan Nadiar.
            Ya inilah hidup tak ada yang sempurna, ada hitam dan putih dalam segala ucap dan laku. Seorang insan yang memang bermuara pada ketidaksukaan hingga menimbulkan kebencian yang mendalam. Hitam.... ya hitam berulang kali bertanya mengapa ada hitam ? Hitam ada karena ada putih. Lalu abu-abu itu apa? Ya, abu-abu adalah sifat manusia yang terkadang benar, sesekali pikirannya mengajaknya pada kesalahan dan pikirannya terkuasailah oleh perasaan yang akhirnya tidak mempunyai kekonsistenan dalam bertindak karena terkuasai emosi. Putih ? Siapakah putih itu ? Ialah yang selalu memaafkan kesalahan, walau pada kenyataannya memafkan memang sulit. Memang memaafkan tidak mengubah apapun, tapi mengindahkan hari esok.
            Itulah cerminan sifat manusia, diawali dari hati, hati adalah sumber ilham dan pertimbangan, tempat lahirnya kasih sayang dan cinta juga saling memafkan, tapi hati juga bisa menumbuhkan kebencian dan kekufuran. Hati merupakan sumber kebahagiaan jika kita mampu membersihkannya, namun sebaliknya hati merupakan sumber bencana jika kita gemar menodainya.
            Abu Hurairah berkata : “Hati adalah raja, sedangkan anggota badan adalah tentara. Jika raja itu baik, maka akan baik pula tentaranya. Jika raja itu buruk, maka akan buruk pula tentaranya.” Itulah perumpamaan raja dan tentara yang dihubungkan dengan hati dan tindakan, yang kadang seringkali secara sengaja dan tidak sengaja hati yang kotor menguasai diri ini sehingga menimbulkan tindakan yang tidak terpuji.
Astagfirullohaladzim.....

Ilustrasi : http://www.kukejar.com/

Alkhawari

-SEKIAN-


Tags:

Share:

0 komentar